DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT TERKAIT DENGAN KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:DINA ALFISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-13


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta aktivitas siswa dalam pembelajaran dan peningkatan suatu hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan model Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pekauman 2 Kabupaten Banjar tahun ajaran 2018/2019. Instrument data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta butir-butir soal untuk hasil evaluasi belajar siswa. Cara pengumpulan data menggunakan distribusi, frekuensi, persentase, dan deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) mampu memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan guru, serta meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI