DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TNGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BANJAR DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI
PENGARANG:MUHAMMAD IRWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-13


ABSTRAK

 

 

MUHAMMAD IRWAN,NIM A1D115019, 2019. Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Banjar Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Dr.Ma’ruful Kahri,M.Pd. (II) Drs. Perdinanto, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kesegaran jasmani peserta didik sekolah menengah pertama di Kabupaten Banjar ditinjau dari sarana dan prasarana pendidikan jasmani

 

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN Kecamatan Martapura dan Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar yang berusia 13-15 tahun. Dari 10 sekolahpeneliti hanya mengambil 2 sekolah saja yang sarana prasarana nya berkategori kurang, keseluruhan peserta didik dari 2 sekolah berjumlah 210 orang dan peneliti hanya mengambil 20 orang sebagai sampel. Proses pengambilan sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMPN di Kecamatan Martapura dan Kecematan Mataraman yang sarana prasarana pendidikan jasmani nya kurang dan berusia 13-15 tahun menggunakan teknik purposive sampling.

Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. (Sugiono, 2012: 124). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga di peroleh sampel sebanyak 18 orang peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didik dan untuk mengetahui apakah ada keterkaitan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dengan tingkat kesegaran jasmani peserta didik Negeri 3 Mataraman dan SMP Negeri 4 Martapura. Hasil observasi dilapangan bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani SMP Negeri 3 Mataraman dan SMP Negri 4 Martapura pada klasifikasi “Kurang”. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMP Negeri 3 Mataraman dalam klasifikasi “kurang”, dengan tingkat persentase 66.67% atau dengan jumlah peserta didik 6 orang. Kemudian 1 peserta didik dengan status kesegaran jasmaninya sangat kurang dengan persentase 11.11% (2) Tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMP Negeri 4 Martapura dalam klasifikasi “kurang”. dengan tingkat persentase 55.56 % atau dengan jumlah peserta didik 5 orang.

 

Kata Kunci: Analisis, Tingkat Kesegaran Jasmani, Sarana Dan Prasarana.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI