DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BIMA MULTI FINANCE KANTOR CABANG BANJARMASIN
PENGARANG:Nurul Hekmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-13


Nurul Hekmah, (2019). Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Pemberian Kredit Pada PT. Bima Multi Finance Kantor Cabang Banjarmasin. Pembimbing: Achmad Suhaili, SE, M.Si, Ak, CA

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui sistem pengendalian internal dalam pemberian kredit perusahaan (2) mengetahui kendala-kendala yang menyebabkan kredit macet (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan perusahaan dalam menanggulangi kredit macet.

Penelitian dilakukan dikantor PT. Bima Multi Finance Kantor Cabang Banjarmasin yang beralamat di Jl. Veteran Sungai Bilu No. 14 Banjarmasin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data adalah sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian yang dilakukan di PT. Bima Multi Finance Kantor Cabang Banjarmasin bahwa permasalahan yang didapatkan adalah sistem pengendalian pemberian kredit yang belum memadai. Prosedur yang ditetapkan sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan prosedur, tidak melakukan proses survei dengan teliti berdasarkan analisis 5C. Penyebab kredit macet kurangnya pemantauan prosedur kerja, kurangnya ketelitian dalam proses analisis dan debitur yang tidak menyelesaikan kewajibannya. Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kredit macet adalah penagihan secara intensif dan eksekusi agunan. Dengan diterapkannya sistem pengendalian internal yang baik, diharapkan dapat meminimalisir risiko terjadinya kredit macet.

 

Kata Kunci:Sistem Pengendalian internal, Evaluasi sistem, Pemberian Kredit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI