DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema Perkembangan Teknologi Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Cooperative Scripts dan Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 3 Syamsudin Noor | |
PENGARANG | : | RACHMAWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-10-13 |
Rachmawati. 2019. "Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema
Perkembangan Teknologi Menggunakan Kombinasi Model Group
Investigation, Cooperative Scripts dan Talking Stick Pada Siswa
Kelas III SDN 3 Syamsudin Noor”. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani
Rizalie, M. Si
Kata kunci : Hasil belajar muatan PPKn, Perkembangan Teknologi, Group
Investigation, Cooperative Scripts, Talking Stick.
Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya hasil belajar muatan PPKn
siswa pada tema Perkembangan Teknologi. Oleh karena itu, diperlukan strategi
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Perkembangan Teknologi dalam
muatan PPKN menggunakan kombinasi model Group Investigation, Cooperative
Scripts dan Talking Stick pada siswa kelas III SDN 3 Syamsudin Noor. Tujuan
peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan hasil belajar siswa yaitu
pada tema Perkembangan Teknologi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 siklus yang dilaksanakan pada siswa III
SDN 3 Syamsudin Noor, dengan jumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 13 orang
anak laki-laki dan 16 orang anak perempuan. Jenis data penelitian ini adalah
penelitian kualitatif yang cara pengumpulan datanya didapat dari hasil belajar
siswa. Analisis data secara kualitatif dikatakan berhasil apabila aktivitas guru
mencapai skor 81-100 dengan kategori Sangat Baik, aktivitas siswa secara klasikal
dengan skor 81-100 dengan kriteria seluruhnya aktif dan indikator ketuntasan hasil
belajar kognitif secara klasikal dengan skor 81 (seluruhnya tuntas), afektif secara
klasikal 81% (sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal dengan skor
81 (sangat baik).
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
memperoleh skor 65 kategori Baik sampai pertemuan ke IV mencapai skor 94
kriteria Sangat Baik, aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I memperoleh
persentase 58 dengan kriteria cukup aktif sampai pertemuan IV meningkat menjadi
100 dengan keterangan seluruhnya aktif, dan pada hasil belajar anak secara klasikal
kognitif, afektif dan psikomotorik dari pertama hingga terakhir meningkat hingga
mendapatkan keterangan Tuntas.
Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian di atas, dapat disimpulkan
bahwa menggunakan kombinasi model Group Invetigation, Cooperative Scripts
dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar muatan PPKn siswa pada tema
Perkembangan Teknologi pada siswa kelas III SDN 3 Syamsudin Noor. Dan karena
itu kedepannya direkomendasikan agar guru dapat menggunakan model atau
metode sebagai alternatif untuk pembelajaran siswa agar menarik dan aktif.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI