DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema Perkembangan Teknologi Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Cooperative Scripts dan Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 3 Syamsudin Noor
PENGARANG:RACHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-13


Rachmawati. 2019. "Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 

Perkembangan Teknologi Menggunakan Kombinasi Model Group 

Investigation, Cooperative Scripts dan Talking Stick Pada Siswa 

Kelas III SDN 3 Syamsudin Noor”. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani 

Rizalie, M. Si

Kata kunci : Hasil belajar muatan PPKn, Perkembangan Teknologi, Group 

Investigation, Cooperative Scripts, Talking Stick.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya hasil belajar muatan PPKn 

siswa pada tema Perkembangan Teknologi. Oleh karena itu, diperlukan strategi 

untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Perkembangan Teknologi dalam 

muatan PPKN menggunakan kombinasi model Group Investigation, Cooperative 

Scripts dan Talking Stick pada siswa kelas III SDN 3 Syamsudin Noor. Tujuan 

peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan hasil belajar siswa yaitu 

pada tema Perkembangan Teknologi.

Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 siklus yang dilaksanakan pada siswa III 

SDN 3 Syamsudin Noor, dengan jumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 13 orang 

anak laki-laki dan 16 orang anak perempuan. Jenis data penelitian ini adalah 

penelitian kualitatif yang cara pengumpulan datanya didapat dari hasil belajar 

siswa. Analisis data secara kualitatif dikatakan berhasil apabila aktivitas guru 

mencapai skor 81-100 dengan kategori Sangat Baik, aktivitas siswa secara klasikal 

dengan skor 81-100 dengan kriteria seluruhnya aktif dan indikator ketuntasan hasil 

belajar kognitif secara klasikal dengan skor 81 (seluruhnya tuntas), afektif secara 

klasikal 81% (sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal dengan skor 

81 (sangat baik).

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I 

memperoleh skor 65 kategori Baik sampai pertemuan ke IV mencapai skor 94 

kriteria Sangat Baik, aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I memperoleh 

persentase 58 dengan kriteria cukup aktif sampai pertemuan IV meningkat menjadi 

100 dengan keterangan seluruhnya aktif, dan pada hasil belajar anak secara klasikal 

kognitif, afektif dan psikomotorik dari pertama hingga terakhir meningkat hingga 

mendapatkan keterangan Tuntas.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian di atas, dapat disimpulkan 

bahwa menggunakan kombinasi model Group Invetigation, Cooperative Scripts 

dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar muatan PPKn siswa pada tema 

Perkembangan Teknologi pada siswa kelas III SDN 3 Syamsudin Noor. Dan karena 

itu kedepannya direkomendasikan agar guru dapat menggunakan model atau 

metode sebagai alternatif untuk pembelajaran siswa agar menarik dan aktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI