DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA
PENGARANG:SITI APRILIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-14


Apriliyana, Siti. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Kayanya Negeriku dengan Muatan IPA menggunakan Kombinasi Model Auditory Intellectually Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Paring 2 Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Mohammad Dani Wahyudi, S. Pd. I, M..Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kelas IV, Auditory Intellectually Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT), Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat satu arah, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model Auditory Intellectually Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sungai Paring 2 Martapura.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan setting penelitian di kelas IV SDN Sungai Paring 2 Martapura dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan pada semester II tahun ajaran 2018/2019, yang dilaksanakan selama 4 kali siklus. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif (lembar observasi aktivitas guru dan siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar siswa). Indikator keberhasilan hasil belajar siswa adalah jika ≥80% dari jumlah siswa dapat mencapai KKM yaitu ≥75.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Auditory Intellectually Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori hampir seluruhnya aktif. Hasil belajar siswa sebesar 91% siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat dinyatakan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Auditory Intellectually Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI