DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITAS AIR DAN DAYA TAMPUNG PENCEMARAN DI SUB SUB DAS SUNGAI TABUK KABUPATEN BARITO SELATAN
PENGARANG:NURUL FAZRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-14


ABSTRAK

Fazriyanti, Nurul. 2019. Analisis Kualitas Air dan Daya Tampung Pencemaran di Sub Sub DAS Sungai Tabuk Kabupaten Barito Selatan. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Muhammad Ruslan, MS ; Dr. Erwin Rosadi. S.Pi, M.Si ; Dr. Ir. Agustiana, MP.

Kata Kunci : DAS,  Kualitas air, daya tampung, strategi pengendalian

          Sub DAS sungai Tabuk merupakan anak sungai Barito yang berada di wilayah kota Buntok Kabupaten Barito Selatan. Terletak dikawasan pemukiman padat penduduk yang melewati 3 kelurahan yaitu Buntok Kota, Hlir Sper, dan Pamait. Masyarakat yang tinggal disekitar bantaran sungai Tabuk mempunyai tempat tinggal membelakangi sungai, akibatnya potensi masyarakat untuk membuang sampah kesungai semakin besar sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya penurunan kualitas dan kuantitas sungai serta penurunan fungsi lahan.

          Tujuan dilaksanakan penelitian adalah menganalisis penggunaan lahan, menganalisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran air, dan memberikan rekomendasi dalam pengelolaan dan pengendalian pencemaran terhadap sir di Sub DAS sungai Tabuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, analisis kualitas air menggunakan metode perhitungan Indeks  Pencemaran, daya tampung pencemaran menggunakan metode neraca massa, analisis strategi pengendalian pencemaran menggunakan metode analisis SWOT.

           Hasil penelitian ini adalah penggunaan lahan pada Sub DAS sungai Tabuk terdiri dari pertanian 54,58 hectar, perikanan 0,72 hectar, pariwisata 6.90 hectar dan pemukiman 7,55 hectar. Status pencemaran pada Sub DAS sungai tabuk masuk dalam kategori cemar ringan pada wilayah hulu dan tengah yaitu berkisar antara (1,55 – 2,99) dan pada daerah Hilir saat surut Indeks Pencemarannya (5,30). Daya tampung beban pencemaran Sub DAS sungai Tabuk saat surut untuk parameter COD, BOD, TSS, Total coliform, Fecal coliform telah melebihi baku mutu air kelas II. Pada Sub DAS sungai Tabuk saat kondisi pasang untuk DO, BOD dan TSS telah melebihi baku mutu kelas II. Strategi pengendalian pencemaran Sub DAS Sungai Tabuk yaitu melakukan pemantauan dan pemeliharaan kualitas air sungai Tabuk saat kondisi surut maupun pasang, pengendalian limbah organik maupun anorganik yang masuk ke Sub DAS sungai Tabuk, menetapkan konsep partisipasi masyarakat yang menjadi acuan bagi setiap instansi yang berkepentingan dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan sungai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI