DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KREATIVITAS ARANSEMEN MUSIK A CAPPELLA (STUDI KARYA AHMAD RUSYDI ILHAMY)
PENGARANG:AHMAD LUTFI MUZAQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-15


ABSTRAK

 

Muzaqi, Lutfi A. 2019. Kreativitas Aransemen Musik A cappella (Studi Karya Ahmad Rusydi Ilhamy). Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Maryanto, M.Sn (II) Muhammad Najamudin, M.Pd

 

Kata Kunci: Kreativitas, Aransemen, Musik A cappella

 

Ahmad Rusydi Ilhamy merupakan seniman musik a cappella bergaya modern dan berhasil menarik banyak perhatian di media sosial, terlihat dari channel youtube sudah mencapai 38.000 subscriber. Pada zaman sekarang ini musik a cappella jarang ditemukan. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kreativitas aransemen musik a cappella studi karya Ahmad Rusydi Ilhamy. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan bahan referensi, member check dan triangulasi teknik pengumpulan data.

Hasil penelitian diperoleh bahwa karya musik a cappella dibuat dengan bantuan alat dan media teknologi digital, karya disajikan melalui video dengan tampilan layering. Kreativitas aransemen musik pada lagu Bidadari Tak Bersayap selain mengubah sajian musiknya menjadi a cappella juga membuat komposisi yang jauh berbeda dari lagu aslinya kecuali pada vokal lirik utama agar esensi lagu aslinya tidak hilang, dari jenis musik dirubah menjadi nuansa EDM (Electro Dance Music), pada unsur-unsur musik; (1). Irama memiliki tiga pola berbeda mengikuti alur part lagu, (2). Terdapat dua melodi dan dua variasi counter melody, (3). Harmoni selain digunakan sebagai suara dua dari melodi dan vokal lirik utama juga dibuat dengan harmoni trinada seperti membentuk kord, (4) Tempo berada pada 70 bpm dantidak ada perubahan sampai akhir lagu, (5). dinamik hanya ditemukan pada teknik crescendo dan tidak terlalu mendominasi, (6). warna nada memiliki 20 susunan suara dengan 11 warna berbeda dibuat dengan eksplorasi kata, menirukan berbagai instrumen electro synth dan perkusi menggunakan gaya beatbox, untuk menguatkan karakter suara dibantu dengan efek edit audio.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI