DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV A SDN PELAMBUAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:RIFDAH ATIKAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-15


ABSTRAK
Atikah, Rifdah. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Kombinasi Model Example Non Example dan Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pengukuran Sudut, Model Example Non Example, dan Numbered Head Together (NHT).
Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut di kelas IV A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin dikarenakan siswa kurang teliti dalam mengukur sudut, pembelajaran bersifat satu arah yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Example non Example dan Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut di SDN Pelambuan 2 Banjarmasin.
Pendekatan penelitian yang dilaksanakan di SDN Pelambuan 2 Banjarmasin yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah di kelas IV A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa 26 orang, terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi . Jenis data yang digunakan pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai kategori aktif dan sangat aktif, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa guru telah mencapai skor 31 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran memperoleh presentasi klasikal 92,3% dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa tercapai secara individual dan klasikal dengan presentasi 81% siswa tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Example non Example dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut di kelas IV A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kategori aktif dan sangat aktif. Hasil belajar secara individu berhasil dan secara klasikal dinyatakan telah berhasil. Dengan demikian kombinasi model Example non Example dan Numbered Head Together (NHT) dapat diterapkan oleh guru sebagai salah satu model untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan diharapkan bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI