DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS SURAT UNDANGAN PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VA SDN PELAMBUAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD ALIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-15


ABSTRAK
Aliansyah, Muhammad. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Surat Undangan pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan dengan Kombinasi Model Example non Example, Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick pada Siswa Kelas VA SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.
Kata kunci: Menulis Surat Undangan, Tema Peristiwa Dalam Kehidupan, Example non Example, Numbered Heads Together (NHT), Talking Stick.
Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis suarat undangan di SDN Pelambuan 2 Banjarmasin disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya pembelajaran yang masih cenderung berorientasi pada transfer pengetahuan semata dengan model yang kurang bervariasi, pembelajaran yang masih kurang menekankan praktik langsung, dan pembelajaran yang kurang menyajikan kegiatan yang menarik minat siswa. Untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Example non Example, Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SDN Pelambuan 2 Banjarmasin.
Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian di kelas VA SDN Pelambuan 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa 26 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai kategori sangat aktif serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai skor 32 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran memperoleh presentasi klasikal 84,62% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa telah tercapai secara individual dan klasikal dengan presentasi 88,46% siswa tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan kombinasi model pembelajaran Example non Example, Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas VA SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Jadi disarankan bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain dapat menggunakan kombinasi model Example non Example, Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI