DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, THINK PAIR AND SHARE DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV A SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ARIFAH NADIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-15


ABSTRAK

Nadiya, Arifah. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan PPKn Materi Hak dan Kewajiban Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Think Pair And Share dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV A SD Negeri Pemurus Luar 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, PPKn, Mind Mapping, Think Pair and Share (TPS), Talking Stick

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam materi hak dan kewajiban muatan PPKn. Hal ini disebabkan oleh Pembelajaran belum berpusat kepada siswa sehingga anak belum mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif; Tidak menggunakan model pembelajaran; Menggunakan metode pembelajaran klasikal/pembelajaran satu arah sehingga siswa mengalami kejenuhan dan bosan pada saat pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa yang berada dibawah  KKM yang ditetapkan yaitu 70. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi Model Mind Mapping, Think Pair And Share dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, serta peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin. Yaitu pada siswa kelas IVA yang berjumlah 22 orang pada tema kayanya negeriku muatan PPKn materi hak dan kewajban pada tahun ajaran 2018/2019. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah apabila telah memenuhi kriteria keberhasilan dan ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 36.36%, pertemuan II mencapai 59.09%, pertemuan III mencapai 82%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Mind Mapping, Think Pair And Share dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI