DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA BENDA – BENDA DI SEKITAR KITA MUATAN PPKn MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VB SDN ANTASAN BESAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI ROBIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-15


ABSTRAK

 

Robiah, Siti. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda – Benda Di Sekitar Kita Muatan PPKn Materi Persatuan Dan Kesatuan Menggunakan KombinasiModel Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,Numbered Head Together (NHT), Dan Make A Match Pada Siswa Kelas VB SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi PGSD Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

KataKunci:Aktivitas, Siswa,Inkuiri Terbimbing,Numbered Head Together(NHT), Make A Match.

Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tema  Benda – Benda di Sekitar Kita muatan PPKn materi Persatuan dan Kesatuan berdampak pada hasil belajar yang disebabkan karena pembelajaran yang kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran, pembelajaran yang cenderung menghafal,dan kurangnya pembelajaran yang bermakna bagi siswa.Untuk solusi dari masalah tersebut maka peneliti menggunakan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa pada kombinasi modelpembelajaran Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin. Yaitu pada siswa kelas VB yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan pada tema  Benda – Benda di Sekitar Kita muatan PPKn materi Persatuan dan Kesatuan pada tahun ajaran 2018/2019. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah apabila telah memenuhi kriteria keberhasilan dan ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu  82%.

Hasil penelitian pada pertemuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 90,48% dengan kriteria sangat aktif, serta ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 90,48% tuntas.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match padaaktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, serta terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar, sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran tema  Benda – Benda di Sekitar Kita muatan PPKn materi Persatuan dan Kesatuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI