DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN ANTASAN KECIL TIMUR 3 BANJARMASIN
PENGARANG:DEWI AYU EFENDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-16


Efendi, Dewi Ayu. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Muatan PPKn Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads Together dan Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhafizah, S.T., M.Pd

Kata Kunci:Aktivitas Belajar, Muatan PPKn, Mind Mapping, Numbered Heads Together, Talking Stick.

                               

Rendahnya aktivitas siswa yang berdampak pada hasil belajar disebabkan siswa kurang berfikir kritis dan kreatif, kesulitan mengingat materi yang diajarkan, tidak berperan aktif dalam diskusi, tidak berani mengemukakan pendapat dan kurang antusias. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads Together dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 26-32 kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥82% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh skor 32 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa memperoleh  97% dengan kriteria sangat aktif  dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 97%.

Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together dan Talking Stick menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI