DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING, NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS V SDN SUNGAI JINGAH 7 BANJARMASIN
PENGARANG:YASMIN PERMATASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-16


Permatasari, Yasmin. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Solving, Number Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) di Kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Problem Solving, Number Head Together (NHT), dan Course review Horay (CRH).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam Muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Hal ini disebabkan oleh siswa yang hanya mendengarkan dan mencatat apa yang di jelaskan oleh guru saat kegiatan pembelajaran,selain itu kurangnya keaktifan dan disiplin siswa serta pembelajaran yang monoton adalah penyebab lainnya. Untuk mengatasinya hal tersebut, upaya yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran  Problem Solving, Number Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin dengan jumlah siswa 35 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data penelitian dihasilkan dari data kualitatif yang didapat melalui instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan data kuantitatif yang didapat melalui teknik pengukuran berupa tes tertulis siswa secara individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 29 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 menjadi 38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 57% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 91% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 49% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 97%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI