DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KOMBINASI SNOWBALL THROWING DAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI JINGAH 7 BANJARMASIN
PENGARANG:NOVARINA FAHRISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-16


Fahrisa, Novarina. 2019. Meningkatkan Aktivitas Siswa Materi Jaring-jaring Kubus dan Balok Menggunakan Model Student Faciliatator and Explaining kombinasi Snowball Throwing dan Team Games Tournament Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci      : Matematika, Jaring-Jaring Kubus dan Balok, Student Facilitator and Explaining, Snowball Throwing, Team Games Tournament

Latar belakang dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Penyebabnya adalah pembelajaran yang disajikan tidak berifat konkrit, terlalu berpusat pada guru, pembelajaran kurang bervariasi dan kurang menyenangkan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model Student Facilitator and Explaining kombinasi Snowball Throwing dan Team Games Tournament dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan sebanyak 4 pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas VC SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Datadiperolehdari datakuantitatifyaitumelalui teknik pengukuran dengan testertulissecaraindividumaupunberkelompokdan data kualitatifmelaluiinstrumentpenilaianberupalembarobservasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilannya adalah aktifitas guru dikatakan berhasil jika mencapai skor  34 dengan kriteria “sangat baik”. Aktifitas siswa dikatakan berhasil apabila mencapai persentase 82% secara klasikal dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil  belajar siswa dikatakan berhasil apabila secara klasikal 80% siswa mendapatkan nilai 70.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari pertemuan 1 kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Baik”, pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”, dan pertemuan 4 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pertemuan 1 kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 kriteria “Aktif’, pertemuan 3 kriteria “Aktif” dan pertemuan 4 menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 adalah sebesar 42,9% tuntas, pertemuan 2 65,7%, pertemuan 3 77,1% dan pertemuan 4 91,4% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70.

Berdasarkanhasilpenelitianyang telah dilaksanakan,makadapat disimpulkanbahwa  penerapanmodel Student Facilitator and Explaining kombinasi Snowball Throwing dan Team Games Tournament berhasilmeningkatkanaktivitas siswa kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Disarankan agar model Student Facilitator and Explaining kombinasi Snowball Throwing dan Team Games Tournamentdapatmenjadialternatifyangdapatditerapkan oleh guru dalam pembelajarankhususnyadalam materi jaring-jaring kubus dan balok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI