DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION, MIND MAPPING, DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VA SDN JAWA 1 MARTAPURA
PENGARANG:RUDATUL HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-16


Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang mudah lupa dengan materi yang diajarkan dalam bentuk ceramah, memiliki pemahaman yang cukup rendah ketika menangkap materi, dan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SDN Jawa 1 Martapura pada muatan IPA Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Pembelajaran Demonstration, Mind Mapping, dan Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Jawa 1 Martapura semester II tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang siswa yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 28 dengan kriteria Baik, pertemuan 2 mencapai skor 35 dengan kriteria Sangat Baik, dan pertemuan 3 mencapai skor 37 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan 1 mencapai persentase 63% dengan kriteria Aktif, pertemuan 2 mencapai persentase 79% dengan kriteria Aktif, dan pertemuan 3 mencapai persentase 89% dengan kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai persentase 68%, pertemuan 2 mencapai persentase 84%, dan pertemuan 3 mencapai persentase 95%.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model Demonstration, Mind Mapping, dan Numbered Head Together (NHT) dapat melaksanakan aktivitas guru dengan sangat baik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti selanjutnya agar digunakan sebagai referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI