DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KOMBINASI DENGAN OPEN ENDED PROBLEM DAN THE POWER OF TWO SISWA KELAS V SDN SUNGAI SAHURAI 1 BARITO KUALA
PENGARANG:ADI RUJANI SA`BAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-16


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi volume bangun ruang di kelas V SDN Sungai Sahurai 1 Barito Kuala. Masalah ini disebabkan siswa pembelajaran kurang bermakna, pembelajaran didominasi oleh guru, pembelajaran kurang menyenangkan. Kombinasi model pembelajaran Student Facilitator and Explainingkombinasi dengan Open Ended Problemdan The Power of Twomenjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V SDN Sungai Sahurai1 Barito Kuala.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dikelas V SDN Sungai Sahurai 1 Barito Kuala pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Aktivitas guru dinyatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa berhasil apabila ≥81% siswa mendapatkan nilai ≥60.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 4 terlaksana dengan “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 4 menjadi 92,5% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar  siswa meningkat pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal mencapai 94%.

 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan yang ingin dicapai menggunakan kombinasi model Student Facilitator and Explainingkombinasi dengan Open Ended Problemdan The Power of Twopada mata pelajaran Matematika materi volume bangun ruang tentang volume kubus dan balok. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi penggunaan model pembelajaran untuk guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya pada mata pelajaran Matematika materi volume bangun kubus dan balok ruang di Kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI