DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 13 BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:AHMAD HADIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-16


 

ABSTRAK

Hadianor Ahmad, 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (Gi), Numbered Head Together (Nht), Dan Talking Stick Pada Kelas Iv Sdn Kelayan Timur 13 Banjarmasin Selatan. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick (TS).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas Belajar Siswa. Karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran, tidak memahami konsep, dan kurang antusias yang tinggi dalam pembelajaran, dan kurang bersemangat serta kurangnya menggunakan kombinasi model pembelajaran sehingga mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi semakin kurang dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin Selatan pada matapelajaran IPA. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui Kombinasi Model Group Investigation (Gi), Numbered Head Together (Nht), Dan Talking Stickpada penelitian tindakan kelas di SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga  kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin Selatan tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  11 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai 54.5%, pertemuan II mencapai 63.63%, dan pertemuan III mencapai 90.9.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation (Gi), Numbered Head Together (Nht), Dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas  siswa pada muatan IPA Tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN Kelayan Timur 13 Banjarmasin Selatan dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI