DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Pembelajaran Mencocok Menggunakan Kombinasi Model Demontrasi, metode Pemberian Tugas, dan Media Kertas pada Kelompok A TK AISYIYAH 43 Busthanul Athfal | |
PENGARANG | : | NUR IRFAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-10-16 |
Irfah, Nur. 2019. Upaya MengembangkanKemampuan Motorik Halus Anak DalamPembelajaran Mencocok MenggunakanKombinasi Model Demontrasi, MetodePemberian Tugas dan Media Kertas Pada Kelompok A TK Aisyiyah 43 BusthanulAthfal Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak UsiaDini. Fakultas Keguruan Dan IlmuPendidikan Universitas LambungMangkurang Banjarmasin. DosenPembimbing Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd.
Kata Kunci : Motorik Halus, Mencocok, ModelDemontrasi, Metode Pemberian Tugas, dan Media Kertas
Peneliti ini belatar belakang pada rendahnya kemampuan anak dalam mencocok gambar sesuai dengan pola dengan media kertas dikarenakan kurangnya atimulus yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran mencocok, kegiatan terlalu monoton, kurangnya media pembelajaran, apabila masalah ini tidak dipecahkan maka akan mengalami dalam perkembangan fisik motorik halus pada anak. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian perkembangan fisik motorik halus anak.
Penelitian ini dilakukan 3 kali pertemuandalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 43 Busthanul Athfal Banjarmasin yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data menggunakanjenis data Kuantitatif. Analisis data secaradeskriptif kuantitatif dengan aktivitas guru mencapai 25 dengan keriteria “sangat baik”, aktivitas anak mencapai 80 keriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan anak minimal mendapatkan bintang (Berkembang SesuaiHarapan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwakombinasi model Demontrasi, Metode PemberianTugas dan Media Kertas dapat meningkatkanaktivitas guru memperoleh skor 16 meningkatmenjadi skor 20 pada pertemuan III dengan kriteria“Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 80% berkembang pada pertemuan III memperoleh nilai100% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasilpencapaian perkembangan fisik motorik anakberkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 8 anak bintang (Berkembang Sesuai Harapan) dan 7anak memperoleh bintang (Berkembang SangatBaik) dengan persentase 100%.
Berdasarkan hasil penelitian hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kombinasi Model Demontrasi, Metode Pemberian Tugas, dan Media Kertas dapat mengembangkan kemampuan aspekfisik motorik anak dalam mencocok sesuai denganpola anak kelompok A TK Aisyiyah 43 BusthanulAthfal Banjarmasin” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagianupaya dalam melakukan perbaikan.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI