DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DALAM MENJAWAB PERTANYAAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, SNOWBALL THROWING DAN METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 43 BUSTANUL ATHFAL BANJARMASIN.
PENGARANG:SIFA AUDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-16


 

Audina, Sifa. 2019. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Dalam Menjawab Pertanyaan Sederhana Dengan Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture, Snowball Throwing Dan Metode Tanya Jawab Pada Anak Kelompok A Di Tk Aisyiyah 43 Bustanul Athfal Banjarmasin. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Susilawaty, M.Pd.

Kata Kunci: Berbahasa, dalam Menjawab Pertanyaan Sederhana, Model Picture And Picture, Snowball Throwing Dan Metode Tanya Jawab.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada anak Kelompok A TK Aisyiyah 43 Bustanul Athfal Banjarmasin, karena rendahnya hasil perkembangan aspek berbahasa anak dalam Menjawab Pertanyaan Sederhana. Hal ini disebabkan guru kurang jelas dalam menyampaikan informasi, guru kurang memberi kesemapatan kepada anak untuk berbicara dan guru kurang memotivasi anak dalam mengemukakan pendapat. salah satu upaya yang saya lakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak dalam menjawab pertanyaan sederhana yaitu menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture, Snowball Throwing Dan Metode Tanya Jawab.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A TK Aisyiyah 43 Bustanul Athfal Banjarmasin, dengan jumlah anak sebanyak 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Dengan indikator keberhasilan aktivitas guru memperoleh skor ≥30 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh≥82% dengan kriteria sangat aktif dan hasil capaian perkembangan bahasa apabila ketuntasan klasikal anak mencapai skor ≥82% memperoleh bintang 3 (???) atau berkembang sesuai harapan (BSH) dan bintang 4 (????) atau berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi model Picture And Picture, Snowball Throwing Dan Metode Tanya Jawab aktivitas guru dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak dengan kriteria sangat aktif dan hasil capaian perkembangan bahasa mencapai 100% berhasil berkembang dengan memperoleh bintang 3 (???) berkembang sesuai harapan dan bintang 4 (????) berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa capaian perkembangan anak menggunakan kombinasi model Picture And Picture, Snowball Throwing Dan Metode Tanya Jawab berhasil meningkat. Maka disarankan kepada guru dengan menggunakan kombinasi model Picture And Picture, Snowball Throwing Dan Metode Tanya Jawab dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI