DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, NUMBERED HEADS TOGETHER DIBANTU MEDIA BENDA KONKRET PADA KELAS VB SDN ANTASAN BESAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI HADIJATUL ZAHRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-17


Zahrah, Siti Hadijatul. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar SiswaMateri Zat Tunggal dan Campuran Menggunakan  Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together Dibantu Media Benda Konkret pada Kelas VB SDN Antasan Besar 1  Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. H. Hardiansyah, M.Si.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar,Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together, dan Benda Konkret.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran. Penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar karena pembelajaran bersifat satu arah, pengembangan bekerjasama belum optimal, pengembangan menyampaikan pendapat belum optimal dan penggunaan media kurang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yaitu menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together dibantu media benda konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VB SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 21 siswa, tediri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 2 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 2 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada siklus I pertemuan I mencapai 47,62%, pertemuan 2 mencapai 66,67%, siklus II pertemuan 1 mencapai 76,19%, dan pertemuan 2 mencapai 95,24%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), dibantu media benda konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi zat tunggal dan campuan di kelas VB SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI