DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS IKHTISAR PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV A SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ASSAVINATUN NASIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-17


ABSTRAK

Nasiah, Assavinatun. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Ikhtisar pada Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) dan Time Token pada Siswa Kelas IV A SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Menulis Ikhtisar,Mind Mapping, Cooperative  Integrated, Reading and Composition (CIRC), Time Token.

Penelitian dilakukan karena rendahnya Keterampilan Menulis Ikhtisar siswa di kelas IV A SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin pada pelajaran Bahasa Indonesia tema Kayanya Negeriku. Hal ini disebabkan siswa belum berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, belum mampu menemukan gagasan-gagasan dan ide-ide yang terdapat dalam bahan bacaan, dan siswa belum mampu menyusun suatu bacaan menjadi bagian-bagian yang penting dalam bentuk tulisan. Masalah tersebut diatasi dengan menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC)dan Time Token yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis siswa Bahasa Indonesia tema Kayanya Negeriku.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019, jumlah 21 siswa terdiri dari 11 siswa 10 siswi. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa hasil belajar siswa dan data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilan PTK ini adalah aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan secara klasikal berhasil apabila 80% siswa mendapat nilai ≥65.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia tema kayanya negeriku Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC)dan Time Token mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis ikhtisar. Hal ini terlihat dari aktivitas guru pada pertemuan I  memperoleh skor 21 pada pertemuan II dengan skor 25 dan pada pertemuan III dengan skor 27. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan I secara klasikal 61,90% pertemuan II menjadi 76,19% dan pada pertemuan III menjadi 95,24%. Keterampilan menulis ikhtisar siswa meningkat dari ketuntasan klasikal 71,43% pada pertemuan I menjadi 85,71% pada pertemuan II dan 95,24% pada pertemuan III.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC)dan Time Token dapat memperbaiki aktivitas guru sehingga aktivitas siswa serta keterampilan menulis siswa meningkat. Saran yang diberikan terhadap guru, kepala sekolah dan peneliti lain dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran dan penelitian lanjutan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI