DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), DIKOMBINASI DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD ISLAM AL-MUNAWWARAH BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMAT HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-17


 

H, Rahmat. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar SiswaMuatan IPA Pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation, Dikombinasi Dengan Numbered Heads Together, dan Snowball Throwing Di Kelas IV SD Islam Al-Munawwarah Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together, Snowball Throwing, Kayanya Negeriku.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalahrendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tema kayanya negeriku di kelas IV SD Islam Al-Munawwarah Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran terlaksana komunikasi satu arah, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, dan kurangnya siswa dalam mengembangkan pelajaran karena model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Hasil belajar yaitu melalui model pembelajaranGroup Investigation, dikombinasi dengan Numbered Heads Together, dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SD Islam Al-Munawwarah Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  16 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 29 meningkat pada pertemuan 4 menjadi 38 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 58% ketuntasan klasikal dengan kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 50% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 87% ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tema kayanya negeriku dengan menggunakan model pembelajaranGroup Investigation, dikombinasi dengan Numbered Heads Together, dan Snowball Throwing dari segi aktivitas guru sudah terlaksana dengan katergori sangat baik,aktivitas siswa secara klasikal meningkat dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan pada kelas IV SD Islam Al-Munawwarah Banjarmasin. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Khususnya tema kayanya negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI