DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA (TABEL DAN DIAGRAM) MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION KOMBINASI DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAMS GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VB SDN PELAMBUAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NORJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-17


Norjannah. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data (Tabel dan Diagram) Melalui  Model Direct Instruction Kombinasi dengan Numbered Head Together dan Teams Game Tournament Pada Siswa Kelas VB SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J, S. Psi, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Matematika, Penyajian Data, Direct Instruction (DI), Numbered Head Together (NHT), Teams Game Tournament (TGT).

Permasalahan yang terjadi dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini yakni dengan menggunakan model Direct Instruction yang dikombinasikan dengan Numbered Head Together dan Teams Game Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Penyajian data (tabel dan diagram) di kelas VB SDN Pelambuan 2 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Teknik pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes tertulis yang dilakukan setiap akhir pembelajaran. Indikator keberhasilannya adalah aktivitas guru dikatakan berhasil apabila berada  pada  kriteria  sangat  baik. Aktivitassiswa dalammengikuti pembelajarandapat dikatakan berhasilapabila jumlahseluruh aktivitas siswaberada pada kriteriasangat aktif. Sementara ketuntasan hasil belajarsiswa dikatakan berhasil (tuntas) apabila  hasil belajarsiswa telahmencapai nilai ≥ 65 secara  individual, serta ketuntasanklasikal siswamencapai ≥ 80% dari seluruh siswamendapat nilai ≥ 65.

Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa  aktivitas  guru  pada  pertemuan 1 memperoleh kriteria cukup baik  meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikalpada pertemuan 1 memperoleh kriteria cukup aktif  meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Dan  ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pada pertemuan 1 memperoleh 52% dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 96%.

Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Direct Instruction dikombinasikan dengan Numbered Head Together dan Teams Game Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI