DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA BENDA-BENDA DISEKITAR KITA MATERI BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN WORD SQUARE DI KELAS VA SDN ANTASAN BESAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AISAH ANGGERIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-17


Anggeriani, Aisah. 2019. Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Pada Muatan IPA Tema Benda-Benda Disekitar Kita Materi Benda Tunggal Dan Campuran  Menggunakan  Kombinasi  Model  Group Investigation (GI)  dengan Numbered Head Together (NHT) dan Word Square  dikelas VA SDN  Antasan Besar 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. H. Mahlan Asmar, M. Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Group Investigation, Numbered Head Together, dan Word Square.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri  secara aktif, siswa kurang aktif dalam penggalian informasi, kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran serta siswa terlihat bosan mengikuti pembelajaran.Hal ini disebabkankarena pembelajaran tidak berorientasi pada siswa ,siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, kurangnya penggunaan model pembelajaran, dan pembelajaran kurang menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model Group Investigation (GI)  dengan Numbered Head Together (NHT) dan Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA semester genap SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang, 12 laki-laki dan 10 perempuan. Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan descriptive analysis dan cross tabulation analysis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa 80% aktif dan sangat aktif; dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai ≥ 68.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaranGroup Investigation (GI)  dengan Numbered Head Together (NHT) dan Word Square, pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation (GI)  dengan Numbered Head Together (NHT) dan Word Square  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi benda tunggal dan campuran di kelas 5A SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPA materi Benda Tunggal dan Campuran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI