DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI
PENGARANG:MUHAMMAD WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-18


ABSTRAK

 

Muhammad  Wahyudi,  NIM  A1D115026,  2019,  Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarmasin Timur Ditinjau Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Skripsi Jurusan  Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pmbimbing : (I) Dr. Sunarno Basuki, Drs, M.Kes (II) Drs. Perdinanto, M.Pd

              Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kessegaran jasmani peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Banjarmasin Timur di tinjau dari sarana dan prasarana pendidikan jasmani.

              Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data tes pengukuran, wawancara, dan observasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 22 Banjarmasin dan SMPN 30 Banjarmasin yang berjumlah  291 peserta didik, sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 peserta didik dengan rentang usia 13-15 tahun, yang terdiri dari 17 putra dan 23 putri.

              Analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan frekuensi tingkat kesegaran jasmani dengan keseluruhan sampel.

              Hasil penelitian diperoleh tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMPN 22 Banjarmasin dan SMPN 30 Banjarrmasin adalah kategori baik sekali (BS) berjumlah 0 presentase 0% ; pada kategori baik (B) berjumlah 0 peserta didik dengan presentase 0% ; pada kategori sedang (S) berjumlah 4 peserta didik dengan presentase 10% ; pada kategori kurang (K) berjumlah 25 dengan presentase  62.5% ; dan pada kategori kurang sekali (KS) berjumlah 11 peserta didik dengan presentase 27,5%.

              Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kesegaran jasmani peserta didik Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Banjarmasin Timur dengan rentang usia 13-15 tahun pada kategori kurang.

 

              Kata Kunci :  Analisis,  Tingkat,  Kesegaran Jasmani,  peserta didik menengah pertama

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI