DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENENTUKAN KALIMAT UTAMA SUATU PARAGRAF PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IVB SDN SUNGAI JINGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-18


ABSTRAK

 

Hayati, Aulia. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Menentukan Kalimat Utama suatu Paragraf pada Tema Kayanya Negeriku dengan Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Scramble Pada Siswa Kelas IVB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Togerter (NHT), Scramble.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahan siswa karena kurangnya partisifasi aktif siswa, tidak memahami konsep pembelajaran, dan kurangnya antusias dan motivasi siswa dalam membaca pemahaman menentukan kalimat utama. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada tema Kayanya Negeriku kelas IVB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin.Hal ini disebabkan karena model yang digunakan terlalu  monoton. Salah satu upaya Aktivitas dan Hasil belajar yaitu mennggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Scramble. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siwa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif diperoleh dengan cara tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik dan ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dengan kriteria baik, pertemuan II dengan kriteria baik, pertemuan III dengan kriteria sangat baik dan pertemuan IV dengan  kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan pertemuan I dengan kriteria kurang aktif, pertemuan II dengan kriterian Aktif, pertemuan III dengan kriteria sangat aktif dan pertemuan IV dengan kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 58,84%, afektif 51,61%, dan psikomotorik 48,39%, Pada pertemuan II ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 67,74%, afektif 64,52% dan psikomotorik 64,52%, Pada Pertemuan III ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 83,87%, afektif 80,64%, dan psikomotorik 77,42%. Pada pertemuan IV ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif  mencapai 93,55%, afektif 90,32%, dan psikomotorik 93,55%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI