DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Civic Skills Mahasiswa Melalui Program Kerja HIMA PPKn Periode 2018/2019
PENGARANG:Siti Aisyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-18


ABSTRAK

 

Siti Aisyah, 2019. Civic Skills Mahasiswa Melalui Program Kerja HIMA PPKn Periode 2018/2019 Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. Sarbaini,  (II) Suroto.

                     Civic Skills adalah keterampilan warga negara dalam mempraktikkan hak dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat yang berdaulat, dengan bentuk keterampilan ataupun kecakapan intelektual dan partisipatif yang relevan. Meliputi keterampilan intelektual (Intelectual Skills) dan keterampilan berparisipasi (Participation Skills) melalui sebuah organisasi, serta mampu berkomunikasi dengan baik sehingga berpikir kritis dan bertanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana Civic Skills pengurus HIMA PPKn. 2).Bagaimana target pengurus HIMA PPKn dalam meningkatkan Civic Skills. 3).Apa saja kendala yang dihadapi pengurus HIMA PPKn dalam meningkatkan Civic Skills.

             Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Metode analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian, dan menarik kesimpulan-kesimpulan tentang penelitian. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi (sumber dan teknik).

             Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Civic Skill pengurus HIMA PPKn periode 2018/2019 sudah cukup baik dilihat dari tingkat Intelectual Skills dan Participation Skills yang dimiliki oleh seluruh pengurus HIMA PPKn periode 2018/2019. Target pengurus HIMA PPkn periode 2018/2019 dalam meningkatkan Civic Skills adalah dengan adanya program kerja berupa pelatihan-pelatihan, pembekalan maupun bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak yang terkait dalam organisasi. Target terbagi menjadi beberapa yaitu target jangka pendek, target jangka menengah dan target  jangka  panjang.  Serta ada beberapa hal yang menjadi kendala pengurus HIMA PPKn dalam meningkatkan Civic Skills terbagi menjadi hambatan intenal dan eksternal.

              Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan perlu adanya program kerja berupa pelatihan-pelatihan, pembekalan maupun bimbingan dari berbagai pihak yang terkait dalam organisasi untuk meningkatkan Civic Skills. Setiap pengurus HIMA diarahkan dengan sebaik dan sesuai mungkin dengan kemampuan serta keterampilan yang dimiliki sehingga program kerja yang telah rencanakan dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

 

 

Kata kunci : Civic Skills, Program Kerja, HIMA PPKn, Target, Kendala

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI