DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri, Numbered Head Together, Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Batang Ilir 1 Kabupaten Banjar
PENGARANG:EKA APRILIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-18


ABSTRAK

 

 

Apriliani, Eka. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri, Numbered Head Together, dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Batang Ilir 1 Kabupaten Banjar”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr.Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Energi Alternatif, Inkuiri, Numbered Heads Together (NHT), Talking Stick.

 

Permasalahan siswa dalam pembelajaran IPA materi Energi alternatif di kelas IV SDN Sungai Batang Ilir 1 Kabupaten Banjar, disebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa, dimana siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif, pembelajaran masih bersifat satu arah  sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Inkuiri, Numbered Head Together dan Talking Stick dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pelajaran IPA materi energy alternatif di kelas IV SDN Sungai Batang Ilir 1 Kabupaten Banjar. 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan serta menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Batang Ilir 1, dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data dihitung berdasarkan skala skor dan presentase serta indikator ketuntasan yang telah ditetapkan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 25 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 menjadi 34 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 56% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 96% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 33,3% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.  

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksanan dengan baik, aktivitas siswa hampir seluruhnya aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan individu maupun klasikal. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai bahan alternatif dalam memilih suatu model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA materi Energi Alternatif di kelas IV.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI