DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI MUSTANGIROH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-18


Mustangiroh, Siti. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku dengan Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), Dan Teams Games Tournament (TGT) pada Kelas IV SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

 

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, PPKn, Group Investigation, Numbered Head Together, Teams Games Tournament

 

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah proses pembelajaran berpusat satu arah, kurang menekankan pada proses kerjasama dan dalam pembelajaran PPKn rasa ingin tahu siswa kurang sehingga proses pembelajaran yang diharapkan belum dapat terpenuhi. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuannya untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa pada penelitian ini.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat menjadi 31 dengan kategori Sangat Baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi 95,24% dengan kriteria Sangat Aktif. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat menjadi 95,24%, aspek afektif meningkat menjadi 90,48%, dan aspek psikomotorik meningkat menjadi 85,71%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternative guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI