DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI DIRECT INTRUCTION (DI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS IV SDN BELITUNG SELATAN 9 BANJARMASIN
PENGARANG:ANNIDA NURHASHIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-18


ABSTRAK

Nurhashifah, Annida. 2019. “ Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pengolahan Data Menggunakan Kombinasi Model Dirert Intruction (DI), Numbered Head Together(NHT) dan Teams Games Tournament (TGT) pada siswa Kelas IV SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Direct Intruction , Numbered Head Together, Teams Games Tournament.

Hasil observasi dan wawancara kepada guru wali kelas IV SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin menunjukkan, siswa  masih mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran matematika khususnya materi pengolahan data dimana siswa belum mencapai ketuntasan Standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 70. Rendahnya hasil belajar  tersebut dikarenakan materi sulit yang bersifat abstrak sehingga siswa tidak mampu memahami konsep materi yang disampaikan guru dan hanya sebagian siswa yang aktif dan memperhatikan penjelasan guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan  di kelas IV SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data deskriptif dengan menggunakan teknik observasi yang dilengkapi dengan lembar observasi.Dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Pada penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru yang terlaksana  dengan presentase  63% pada pertemuan 1 kriteria baik, 75% pada pertemuan 2 kriteria baik, 85 % pada pertemuan 3  kriteria sangat baik dan 93 % pada pertemuan 4 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa telah mengalami peningkatan dengan kriteria aktif pertemuan 1, kriteria aktif pada pertemuan 2, kriteria sangat aktif pada pertemuan 3 dan  kriteria sangat aktif  pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada materi tersebut juga telah meningkat dan mencapai ketuntasan secara individual dan klasikal. Ketuntasan  klasikal hasil belajar siswa  aspek kognitif pada pertemuan 1 adalah 54%, pertemuan 2 adalah 71%, pertemuan 3 adalah 83 % dan pertemuan 4 adalah 96%.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Direct Intruction, Numbered Head Together  dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pengolahan data.

 

ABSTRACT

Nurhashifah, Annida. 2019. "Increasing Learning Activities and Results Material Processing Data Using a Combination of Dirert Intruction (DI), Numbered Head Together (NHT) and Teams Games Tournament (TGT) models in Class IV students of SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin". Thesis Program for Primary School Teacher Education. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Advisor: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Keywords: Student Activities, Learning Outcomes, Direct Intruction, Numbered Head Together, Games Tournament Teams.

The results of observations and interviews with the fourth grade teacher guardians of SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin showed that students still had difficulty learning in mathematics learning especially data processing materials where students had not yet reached the completeness of the Minimum Minimum Mastery Criteria (KKM) set was 70. The low learning outcomes due to abstract difficult material so students are not able to understand the concept of the material conveyed by the teacher and only some students are active and pay attention to the teacher's explanation.

This research uses a qualitative approach. This type of research is Classroom Action Research. This research was conducted in class IV SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin with a total of 24 students. The type of data used in this classroom action research are qualitative and quantitative data. Descriptive data using observation techniques that are equipped with observation sheets. Analyzed with descriptive techniques and illustrated in the form of tables and graphs, then interpreted using the criteria on each indicator of the success of teacher activities and student activities, as well as the achievement of student learning completeness individually and classically.

The research shows that teacher activity is carried out with a percentage of 63% at meeting 1 good criteria, 75% at meeting 2 good criteria, 85% at meeting 3 very good criteria and 93% at meeting 4 very good criteria. Student activities have increased with active criteria meeting 1, active criteria at meeting 2, criteria very active at meeting 3 and criteria very active at meeting 4. Student learning outcomes on the material have also increased and achieved completeness individually and classically. Classical completeness of students' cognitive learning outcomes at meeting 1 was 54%, meeting 2 was 71%, meeting 3 was 83% and meeting 4 was 96%.

Based on the results of this research that has been carried out, it can be concluded that the combination of Direct Intruction, Numbered Head Together and Teams Games Tournament learning models can improve student activity and learning outcomes in data processing materials.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI