DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEDIA FLANEL BOARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENGENAL BINATANG PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
PENGARANG:J UMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-19


 

ABSTRAK

 

 

Jumiati, 2019. Pengaruh Media Flanel Board untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Mengenal Binatang pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (I) Wahyu. Dosen Pembimbing (II) Hayatun Thaibah.

                                                                                                  

                                                                                      

Kata Kunci:Media Flanel Board, Mengenal Binatang, Anak Tunagrahita Ringan.

 

Tunagrahita ringan memiliki IQ 50-70 adalah individu yang masih mampu didik dan latih belajar, menulis, membaca dan berhitung secara sederhana. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah anak tunagrahita yang mengalami kesulitan dalam mengenal binatang, untuk itulah anak tunagrahita memerlukan media konkrit serta menarik perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan binatang pada anak tunagrahita ringan menggunakan media flanel board.

 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan  menggunakan metode Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan adalah time series desaign dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi

 Penelitian ini dilakukan pretest sebanyak empat kali dan posttest sebanyak empat kali kepada subjek. Hasil rata-rata yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan, nilai rata-rata pretest adalah 16,7 dan pada saat posttest terjadi peningkatan 83,4.

Hal ini dapat dijadikan suatu alternatif dalam mengenalkan binatang  pada anak tunagrahita ringan atau anak lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini  bahwa adanya  pengaruh dalam penggunaan media flanel board  karena terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal binatang pada anak tunagrahita ringan setelah diberikan perlakuan menggunakan media flanel board.      

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI