DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEKERASAN VERBAL DALAM FILM KARTUN KIKO
PENGARANG:IKA ANGGRAENI RATNA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-19


ABSTRAK

 

 

 

Ika Anggraeni Ratna Sari, 2019: Kekerasan Verbal dalam Film Kartun Kiko. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. M. Rafiek, M. Pd., (2) Dr. Rusma Noortyani, M. Pd.

           

Kata kunci: kekerasan verbal, film kartun Kiko.

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud kekerasan verbal dalam bentuk tindak direktif dan ekspresif dalam film kartun Kiko.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data pada penelitian adalah kata-kata atau kalimat yanga ada pada tuturan. Sumber data penelitian ini adalah film kartun Kiko. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat. Instrument penelitian yang digunakan  berupa laptop dan kartu data. laptop dan kartu data Laptop digunakan sebagai alat pemutar video dan sebagai alat bantu untuk menyimak dan memahami tuturan, sehingga mudah untuk dipahami melalui catatan hasil dari data berupa tuturan yang ada dalam film kartun Kiko. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis berdasarkan kekerasan verbal dalam bentuk tindak direktif dan ekspresif agar mudah untuk dianalisis. Instrumen tambahan berupa kartu data digunakan untuk mengumpulkan data berupa tuturan dan dikelompokkan berdasarkan tindak direktif dan ekspresif agar nantinya mudah untuk dianalisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan yang mengandung kekerasan verbal dalam film kartun Kiko sebanyak 117 tuturan yang terdiri:

a)                  bentuk kekerasan verbal ditemukan sebanyak 117 tuturan yang terdiri dari bentuk kekerasan hardikan sebanyak 33 tuturan, pelecehan sebanyak 55 tuturan, tuduhan sebanyak 2 tuturan, paksaan sebanyak 20 tuturan, dan intimidasi sebanyak 7 tuturan.  b)  Tuturan dalam bentuk tindak direktif ditemukan sebanyak 56 tuturan yang terdiri dari, fungsi perintah ditemukan sebanyak 29 tuturan, ancaman sebanyak 2 tuturan, menolak sebanyak 7 tuturan, menentang sebanyak 13 tuturan, menyangkal sebanyak 5 tuturan. c) Tuturan dalam bentuk tindak ekspresif ditemukan sebanyak 61 tuturan yang terdiri dari fungsi mengungkapkan rasa tidak senang sebanyak 11 tuturan, mengkritik sebanyak 17 tuturan, mengumpat sebanyak 15 tuturan, menghina sebanyak 15 tuturan, menyindir sebanyak 3 tuturan.    

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI