DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA GAYA DAN GERAK MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBER HEADS TOGETHER DAN SCRAMBLE PADA KELAS IV DI SD NEGERI MALAYU MARTAPURA
PENGARANG:KAMARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-20


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan  IPA materi Gaya dan Gerakdi kelas IV SDN Melayu Martapura dikarenakan proses pembelajaran yang kurang efektif serta kondisi lingkungan belajar yang ribut sehingga hasil belajar siswa masih dibawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Group  Investigation, Number Heads Together danScramble  dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunajan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Melayu Martapura dengan jumlah siswa 20  orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Data dihasilkan dari lembar instrumen lembar observasi dan hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan hasil belajar secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik. aktivitas siswa terjadi peningkatan keaktifan dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan  hasil belajar siklus I hanya 75% meningkat pada siklus II menjadi 95%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI