DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Materi Energi Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division, Numbered Head Together, dan Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjung Rema Kabupaten Banjar
PENGARANG:HENDRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-20


ABSTRAK

Hendrawan.2019.Meningkatkan Hasil Belajar Materi Energi Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division, Numbered Head Together, dan Word Square pada Siswa Kelas IV SDN Tanjung Rema Kabupaten Banjar.SkripsiProgramStudiPendidikan Guru Sekolah Dasar. JurusanIlmu Pendidikan FakultasKeguruandanIlmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing  Dr. Rusmansyah, M.Pd.

KataKunci: Energi,Student Team Achievement Division, Numbered Head Together, Word Square, HasilBelajar.

Permasalahan dalam penelitian iniadalah kurangnya pemahaman terhadap materi energi yang berdampak rendahnyahasilbelajar siswa pada mata pelajaranIPAmateri energi,karena siswa kurang aktif, kurang kritis dan belum mempunyai antusias untuk menggali informasi secara mandiri.HaliniterbuktidapatdilihatdarinilaihasilulanganIPAdikelasIV padatahunajaran2017/2018yang memperolehnilaidibawahkriteriaketuntasan minimalyaitu70dari20orang siswarata-rata45%dinyatakantuntasbelajardan rata-ratayang tidaktuntassebanyak55%.Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui kombinasi model Student Team Achievement Division, Numbered Head Together dan Word Square. Penelitianbertujuan untuk mendeskripsikan aktivitasguru,aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswasecarakognitif, dalam pembelajaranIPA materi energi.

Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasyang dilaksanakan dalam duasiklus, terdiri dari 2kalipertemuan setiap siklus. Dengantahap perencanaan,pelaksanaan,pengamatandanrefleksi.Setting penelitianiniadalah siswakelasIV SDNTanjung Rema Kabupaten Banjaryang berjumlah22 orangyangterdiri dari 7orangsiswalaki-laki dan 15 orangsiswaperempuan.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa padaaktivitasgurupadasiklusII meningkatmenjadisangatbaikdenganskor31yang padasiklusIhanya mendapatkan kriteria baikdenganskor26.Aktivitassiswa juga mengalami peningkatandarikriteriaaktifdenganpersentaseklasikal 59,1%padasiklusI dan menjadisangataktif pada siklusII denganpersentase klasikal95,5%.Ketuntasan hasilbelajarsiswasecarakognitifpadasiklusIterdapat72,7%siswadanmeningkat padasiklusII menjadi95,5%siswayangtuntas.

Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa hasilbelajarIPA materi energidengan  menggunakankombinasimodel Student Team Achievement Division, Numbered Head Together dan Word Square dapat  meningkatkan  aktivitas  guru,  aktivitas  siswa  dan  hasil  belajar  secara kognitif.Disarankan kepadaguru untukdapatdijadikan pengembanganprosesbelajarmengajargurudalammemilih modelpembelajaran IPAyangtepat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI