DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK TALK WRITE, JIGSAW DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS 4 SDN SEMNGAT BAKTI BARITO KUALA
PENGARANG:IRWAN WIRANO SAPUTERA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Saputera, Irwan Wirano. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Puisi menggunakan Kombinasi Model Think Talk Write, Jigsaw, dan Talking Stick pada Siswa Kelas 4SDN Semangat Bakti Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Menulis Puisi, Model Think Talk Write, Jigsaw, Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pada kondisi awal siswa SDN Semangat Bakti Barito Kuala mempunyai hasil belajar Bahasa Indonesia yang rendah, seperti : kemampuan siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru< KKM,  kemampuan siswa menerangkan materi kepada siswa lain< KKM, kemampuan siswa mendapatkan nilai < rata-rata kelas, kemampuan siswa mendapatkan nilai < KKM. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui model kombinasi Thing Talk Write danJigsaw dan Talking Stick.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Semangat Bakti Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019,jumlah siswa sebanyak  26 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Aktivitas guru dalam melaksanakan model pembelajaran Think Talk Write di kombinasi dengan model Jigsawdan Talking Stick pada keterampilan menulis puisi mengalami perbaikan disetiap pertemuannya, sehingga mencapai kategori sangat baik pada pertemuan 4 yaitu dengan skor 33. Aktivitas siswa dalam mengikuti model pembelajaran Think Talk Write  di kombinasi dengan model Jigsawdan Talking Stick pada keterampilan menulis puisi mengalami perbaikan disetiap pertemuannya, sehingga pada pertemuan 4 secara klasikal ada 92,3% yang mencapai kategori aktif dan sangat aktif. Hasil belajar siswa pada keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran Think Talk Write di kombinasi dengan model Jigsawdan Talking Stick mengalami peningkatan disetiap pertemuannya, sehingga pada pertemuan 4 secara klasikal ada 92,3% siswa mencapai KKM 70.

Berdasarkan  temuan ini, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi  melalui model pembelajaran Think Talk Write di kombinasi dengan model Jigsaw  dan Talking Stick siswa kelas IV SDN Semangat Bakti Barito Kuala dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Disarankan untuk guru agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan informasi untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru. Untuk kepala sekolah disarankan agar penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembinaan terhadap kinerja guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI