DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa Tema 9 Kayanya Negeriku Menggunakan Model Contextual, Teaching, and Learning (CTL), dikombinasikan Student Team Achivement Division (STAD), dan Talking Stick Pada Kelas IV SDN Dalam Pagar Ulu 1 Martapura Timur
PENGARANG:ELLY RUAIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

 

Ruaida, Elly. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema 9 Kayanya  Negeriku Menggunakan Model Contextual, Teaching, And Learning (CTL), dikombinasikan Student Team Achiviement Division (STAD), dan Talking Stick Pada Kelas IV SDN Dalam Pagar Ulu 1 Martapura Timur. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

 

Kata kunci: Aktivitas Belajar , Tema 9 Kayanya Negeriku, Contextual, Teaching, and Learning (CTL), Student Team Achiviement Division (STAD),  Talking Stick.

 

               Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang minatnya siswa dalam belajar pada Tema 9 Muatan IPA menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif yang berakibat pada aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan model Contextual, Teaching, And Learning (CTL), dikombinasikan Student Team Achiviement Division (STAD), dan Talking Stick. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema 9 muatan IPA di kelas IV SDN Dalam Pagar Ulu 1 Martapura Timur.

        Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dalam Pagar Ulu 1 Martapura Timur  yang berlokasi di Martapura pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 tahun ajaran pada pelajaran IPA dengan Tema 9 Kayanya Negeriku. Dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan menggunakan lembar hasil observasi guru  dan observasi aktivitas siswa. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru kategori sangat baik dengan skor 27-32, aktivitas siswa secara klasikal kategori sangat aktif dengan mencapai  ≥80%, dan hasil belajar secara klasikal ≥80% siswa mencapai nilai ≥65.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kriteria aktif dan sangat aktif. Pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan klasikal.

           Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengajaran guru menjadi lebih baik, keaktifan siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Untuk itu disarankan kepada guru agar menggunakan  model Contextual, Teaching, And Learning (CTL), dikombinasikan Student Team Achiviement Division (STAD), dan Talking Stick dapat dijadikan sebagai salah satu model alternatif dalam upaya meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI