DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Anak Dalam Meniru Gerakan Ibadah Sholat Menggunakan Model Picture and Picture Kombinasi Metode Demonstrasi Dan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A Di Tk Kartini 3 Banjarmasin Barat
PENGARANG:RINI AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Agustina, Rini. 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Anak Dalam Meniru Gerakan Ibadah Sholat Menggunakan  Model Picture and Picture Kombinasi Metode Demonstrasi Dan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A Di Tk Kartini 3 Banjarmasin Barat. Skripsi. Program PG-PAUD FKIP ULM Banjarmasin, Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Meniru Gerakan Ibadah Sholat, Picture and Picture, Demonstrasi dan Pemberian Tugas

Permasalahan yang ditemukan adalah belum berkembangnya nilai agama dan moral dalam meniru gerakan ibadah sholat. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan mengajar hanya melalui ceramah tanpa menggunakan media, pembelajaran bersifat abstrak tanpa memberikan bimbingan yang bersifat prosedur dan tidak ada memberikan lembar kerja pada anak yang berhubungan dengan materi. Jika hal ini dibiarkan anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan aspek nilai agama dan moral khususnya meniru gerakan ibadah sholat. Permasalahan ini diperbaiki menggunakan model picture and picture kombinasi metode demonstrasi dan metode pemberian tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak pada aspek nilai agama dan moral khususnya meniru gerakan ibadah sholat. 

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kartini 3 Banjarmasin Barat dengan jumlah anak sebanyak 17 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar obsevasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran serta memberikan lembar kerja anak yang dilakukan setiap akhir pertemuan. Analisis data secara diskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan persentase. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor ≥30 dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase ≥82% kategori “Sangat Aktif”, dan hasil pengembangan anak minimal mendapat bintang ((( (BSH).

Hasil Penelitian aktivitas guru berada pada kategori “Sangat Baik”. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kategori “Sangat Aktif”. Sedangkan hasil perkembangan nilai agama dan moral mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture kombinasi metode demonstrasi dan metode pemberian tugas pada anak kelompok A TK Kartini 3 Banjarmasin Barat dalam meniru gerakan ibadah sholat mengalami perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI