DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari Menggunakan Model Picture And Picture, Kombinasi Metode Tanya Jawab Dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 30
PENGARANG:NORAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Norainah. 2019, Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari Menggunakan Model Picture And Picture, Kombinasi Metode Tanya Jawab Dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 30. Skripsi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aspek, Kognitif, konsep Sederhana, Kehidupan Sehari-Hari, Picture and Picture, Metode Tanya Jawab, Pemberian Tugas.

Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya interaksi anak dengan anak pada pembelajaran sehingga perkembangan kognitif dalam mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari rendah. Masalah ini disebabkan karena pembelajaran kurang menggunakan model dan media yang menarik perhatian anak, tidak memberikan kesempatan kepada anak sehingga anak kurang aktif dalam pembelajaran, dan kurang memberikan pelatihan kemandirian. Jika hal ini dibiarkan anak akan mengalami kesulitan dalam pengembangan kognitif dalam mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. permasalahan ini diperbaiki menggunakan model picture and picture, kombinasi metode tanya jawab dan pemberian tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan anak pada aspek kognitif  dalam mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 30 dengan jumlah anak 16 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran serta memberikan lembar kerja anak yang dilakukan setiap akhir pertemuan. Analisis data secara diskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi  menggunakan persentase. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor ≥53 dengan kategori “ sangat baik”, aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase ≥82% kategori “sangat aktif” dan hasil pengembangan anak minimal mendapat bintang ((( (BSH).

Hasil penelitian  aktivitas guru berada pada kategori “sangat baik”, Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kategori “sangat aktif”, sedangkan hasil pengembangan kognitif mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture and Picture, kombinasi metode Tanya Jawab dan Pemberian Tugas pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 30 dalam Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari mengalami perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan kognitif  anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI