DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:HILDA MAKIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Hilda Makiah, D1B115010, 2019, Strategi Pengelolaan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Ellisa Vikalista dan Husein Abdurrahman.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan penduduk yang berpengaruh terhadap jumlah sampah di perkotaan. Terutama di kota Banjarmasin dengan jumlah penduduk 700.869 jiwa, sedangkan jumlah sampah 596 ton per hari di tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan strategi pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di kota Banjarmasin. Pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan di kota Banjarmasin mengacu kepada dokumen Kebijakan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Kota Banjarmasin 2017-2025 yang meliputi kegiatan pengurangan dan penanganan sampah. Hasil dari kegiatan pengurangan sampah dapat dikatakan berhasil dalam meminimalisir timbulan sampah dan sampah yang akan masuk ke TPA Basirih. Namun, masih terdapat kendala diantaranya mindset negatif masyarakat tentang sampah dan masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada TPS dan jam yang telah ditentukan. Sedangkan hasil dari kegiatan penanganan sampah dapat dikatakan masih belum berhasil karena keterbatasan anggaran untuk penyediaan pemisah pada (TPS, TPS 3R, armada angkutan sampah), pemprosesan akhir serta pemanfaatan gas metan di TPA.

Dinas Lingkungan Hidup harus lebih giat lagi pada pelaksanaan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) serta dapat menambah anggaran untuk operasional pengelolaan sampah seperti menyediakan tempat sampah mulai dari tempat umum sampai di RT dan RW, disediakan juga pemisah sampah antara sampah organik dan anorganik di TPS, TPS 3R dan armada angkutan sampah, untuk pemprosesan akhir serta untuk pemanfaatan gas metan di TPA.

 

Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI