DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA BANDAR KARYA KECAMATAN TABUKAN KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2018
PENGARANG:ANA AUBINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Ana Aubina, D1B115201, 2019, Manajemen Manajemen Pemanfaatan Dana Desa dalam Pembangunan Desa Bandar Karya, Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala pada tahun 2018. Dibawah bimbingan Suriansyah Umar, Pembimbing I dan Husein Abdurrahman, Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pengelolaan Pemanfaatan Dana Desa dalam Pembangunan Desa Bandar Karya, Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala pada tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah kepala desa Bandar Karya sebagai informan kunci, masyarakat sebagai informan utama, dan tokoh masyarakat sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teori siklus pengembangan No. UU 6 tahun 2014 tentang Desa Pasal 78 ayat 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pemanfaatan Pemanfaatan Dana Desa ada tiga tahap, yaitu: Tahap perencanaan untuk pemanfaatan DD belum efektif karena pada tahap perencanaan masih ada kekurangan pihak-pihak yang terlibat yang tidak datang. undangan untuk membahas perencanaan pembangunan desa. Tahap pelaksanaan pemanfaatan dana desa belum cukup efektif karena di bidang pemberdayaan masyarakat tidak bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Pada tahap akuntabilitas dalam proses penggunaan dana desa, sudah cukup efektif untuk mempertanggungjawabkan laporan desa.

Saran dari para peneliti kepada aparat desa sebagai pemerintah desa Bandar Karya, dalam proses pemanfaatan manajemen dalam melakukan kegiatan pembangunan, harus melibatkan semua lapisan masyarakat. Pemerintah desa juga harus berusaha memprioritaskan pembangunan dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan program pembangunan yang bahkan lebih baik lagi.

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Manajemen, Pemanfaatan, Dana Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI