DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI SE-KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE
PENGARANG:RETNATI ANJARSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE

(Oleh:Retnati Anjarsari; Pembimbing Agni Danaryanti; Asdini Sari. 2019:62 halaman)

 

Dalam memecahkan masalah geometri dibutuhkan pola berpikir matematis dalam memecahkan masalah. Kemampuan berpikir matematis yaitu kemampuan spasial.Setiap siswa harusnyamemiliki kemampuan spasial pada pembelajaran matematika terutama dalam memahami persoalan geometri.Pembelajaran geometri juga perlu memperhatikan tingkat perkembangan berpikir siswa sesuai teori Van Hiele. Van Hiele membagi proses berpikir siswa menjadi beberapa tahapan yang sistematis dalam pembelajaran geometri. Tahap-tahap berpikir geometris menurut Van Hiele yaitu visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi dan rigor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan spasial siswa berdasarkan level berpikir Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan  pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Barat. Pengumpulan sampel dilakukanmenggunakan tekniksimple random sampling.Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C, VII D, di MTs Negeri 1, VII B dan VII C di MTs Negeri 3, dan VII A, VII B, VII C, dan VII D di MTs Negeri 4. Pengumpulan data dilakukan dengantes, yaitu tes kemampuan spasial dan tes level berpikir Van Hiele. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Materi soal yang digunakan adalah materi bangun datar. Data yang telah diperoleh dianalisis berdasarkan kategori kemampuan spasial siswa yaitu rendah, sedang dan tinggi sesuai level berpikir Van Hiele yaitu level 0, level 1, level 2, level 3, dan level 4. Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa yang berkemampuan spasial tinggi mencapai level 2 berpikir Van Hiele (2) siswa yang berkemampuan sedang hanya mencapai level 1 berpikir Van Hiele dan masuk kedalam kategori nofit (3) siswa yang berkemampuan spasial rendah hanya mencapai level 1 dan masuk kedalam kategori Nofit dan Below Level 0.

 

Kata kunci: analisis kemampuan spasial, teori Van Hiele, bangun datar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI