DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Dengan Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Numbered Heads Together (NHT), dan Team Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VB SDN Pekauman 1 Banjarmasin
PENGARANG:FARID MA`RUF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Ma’ruf, Farid. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI), Model Numbered Heads Together (NHT)Dan Model Team Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V B SDN Pekauman 1 Banjarmasin”. DosenPembimbing: Dr. Novitawati,S.Psi.,M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengumpulan dan Penyajian Data, Direct Instruction (DI), Numbered Heads Together (NHT) Team Game Tournament (TGT).       

 

Aktivitas siswa yang rendah pada siswa kelas VB SDN Pekauman 1 Banjarmasin akan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Ditemukan permasalahan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan hanya bersifat satu arah, pengalaman belajar yang masih seragam, kurangnya kreativitas siswa dalam diskusi, kondisi belajar yang kurang menyenangkan dan menantang sehingga kurangnya partisipasi selama pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan model Direct Instruction (DI), Model Numbered Heads Together (NHT)Dan Model Team Game Tournament (TGT) dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB semester genap  SDN Pekauman 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 31siswa. Data yang di analaisis dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.

Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila skor yang diperoleh ≥30 dan berada pada kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa dikatakan berhasil apabila siswa berada pada kategori aktif dan sangat aktif dengan presentase keaktifan klasikal siswa ≥83%; (3) Siswa dikatakan tuntas belajar apabila nilai yang didapatnya ≥70, pembelajaran secara klasikal dinyatakan berhasil apabila siswa tuntas belajar ≥80%. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai skor 35 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 97% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan secara klasikal menjadi 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Direct Instruction (DI), Model Numbered Heads Together (NHT)Dan Model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Di sarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI