DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PADA PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS VA SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ERNY LIANSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Liansari, Erny. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Melalui Model Problem Solving, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) di Kelas VA SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd.

 

Kata Kunci :  Lingkungan Sahabat KitaModel Problem Solving, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay, dan Hasil Belajar Siswa.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn di kelas VA SDN Pekauman 1 Banjarmasin, yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan anak tidak mampu berpikir kritis, pembelajaran  yang  satu arah, kreativitas anak dalam mengembangkan ide masih kurang, belum memberikan pengalaman belajar bagi anak, tidak terciptanya kondisi yang  menyenangkan dan menantang bagi anak. Untuk meningkatkan aktivitas siswa pada materi tema lingkungan sahabat kita maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan mengidentifikasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis individu pada setiap kali akhir pembelajaran. Indikator keberhasilan PTK ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu dengan mencapai skor nilai sama atau diatas KKM atau ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥80% dari seluruh siswa di kelas, serta aktivitas guru dapat mencapai kriteria “sangat baik” dan aktivitas siswa dapat mencapai aktivitas “sangat aktif” dan aktif ≥80%.

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada aktivitas guru dari cukup baik menjadi sangat baik, pada aktivitas siswa dari cukup aktif menjadi sangat aktif siswa meningkat dari 61% menjadi 100% dan pada hasil belajar siswa meningkat dari 42% mencapai 90%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI