DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 9 SUBTEMA 2 MATERI PERAN EKONOMI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE, TIPE SNOWBALL THROWING DAN TIPE WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V SDN SEBERANG MESJID 5 BANJARMASIN
PENGARANG:NOVTRIYUNI ARIANDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Ariandy, Novtriyuni. 2019. Meningkatkan hasil belajar tema 9 Subtema 2 materi peran ekonomi pada kehidupan masyarakat dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share, tipe Snowball Throwing dan tipe Word Square pada siswa kelas V SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.  Universitas Lambung Mangkurat  Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd

.

Kata kunci : Hasil Belajar, Peran Ekonomi Pada Kehidupan Masyarakat, Pembelajaran kooperatif, model Kombinasi  tipe Think Pair and Share, tipe Snowball Throwing dan tipe Word Square

 

Permasalahan siswa dalam pembelajaran tema 9 subtema 2 materi peran kegiatan ekonomi dalam kegiatan masyarakat di SDN Seberang Mesjid 5 adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa mengikuti pembelajaran kurang motivasi. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa hasil belajar tema 9 subtema 2 pada tahun ajaran 2017/2018, siswa juga masih banyak yang memperoleh nilai dibawah standar ketuntasan minimal (KKM) dari jumlah siswa 20 siswa, kenyataannya ada 8 siswa dengan persentase 40% yang tidak mencapai KKM. Salah satu model Pembelajaran yang dapat diterapkan adalah kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share, tipe Snowball Throwing dan tipe Word Square.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Setting Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa aktivitas pembelajaran guru dan siswa melalui tahapan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share, tipe Snowball Throwing dan tipe Word Square. Hasil penelitian  menunjukan bahwa skor aktivitas guru pertemuan I mendapat skor 23 kategori Baik dan pertemuan IV mendapat skor 34 kategori Sangat Baik. Keaktivan siswa secara klasikal mencapai 50 % pada pertemuan I dan meningkat pada pertemuan IV yang mencapai 90%. Hasil belajar secara klasikal  hanya mencapai 55 % mencapai KKM dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 90 % siswa tuntas mencapai KKM.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI