DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN SHNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK UTARA 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NADIYA AULIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Auliyana, Nadiya. 2019. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Tema Kayanya Negeriku Muatan PKn Menggunakan Kombinasi Model Grup Investigation (GI), Number Head Together (NHT), Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VI SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PraSekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Dr. Hj. Mahrita.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktivitas Tema Kayanya Negeriku, Grup Investigation (GI), Number Head Together (NHT), Dan Snowball Throwing

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Aktivitas hasil belajar siswa  kelas IV SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin pada tema Kayanya Negeriku muatan PKn , ini terlihat pada hasil belajar siswa tahun 2017- 2018 dengan  jumlah siswa yaitu 25, hanya  14 siswa yang tuntas  atau secara klasikal sebanyak 56% yang mencapai ketuntasan, dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) untuk muatan PKn adalah 65. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya aktivitas belajar  yang dilakukan siswa. Upaya dalam mengatasi masalah tersebut , peneliti menggunakan kombinasi model Grup Investigation (GI), Number Head Together (NHT), dan Snowball ThrowingTujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar.

            Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanalan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siwa kelas IV SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin dengan dengan jumlah siswa ada 21 orang yang terdiri dari 16 siswa laki- laki dan 5 orang siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif  dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 30-36 dengan kategori Sangat Baik, sedangkan aktivitas siswa ≥82% dari seluruh siswa termasuk kriteria aktif dan sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperolah kriteria “cukup Baik” meningkat pada pertemuan 4 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktifitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperolah kriteria “Cukup Aktif” menjadi “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa juga meningkat dari pertemuan 1 dengan persentase 57,14% menjadi 95,24% pada pertemuan 4.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa  model Group Investigation, Numbered Head Together dan Snowball Throwing  dapat meningkatkan aktivitas  dan belajar siswa. Maka disarankan bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI