DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), THINK TALK WRITE (TTW), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:SEPRIANA NORISA WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku. Penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik, menyenangkan, serta kurang bermakna bagi siswa dan pembelajaran kurang menekankan pada sikap serta berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model  Problem Based Learning (PBL), Think Talk Write (TTW),  Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin dengan jumlah 28 siswa. Data yang di ambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa 81% hampir seluruhnya aktif; dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus 1 mencapai kriteria sangat baik, siklus 2 mencapai kriteria sangat baik, siklus 3 mencapai kriteria sangat baik dan siklus 4  mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai kriteria sebagian aktif, siklus 2  mencapai kriteria sebagian aktif, siklus 3 mencapai kriteria sebagian besar aktif dan siklus 4 mencapai kriteria hampir seluruhnya aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 46,43%, siklus 2  mencapai 78,57%, siklus 3 mencapai 82,14%, dan siklus 4  mecapai 92,86%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Think Talk Write (TTW),  Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku dikelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI