DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENGUATAN SIKAP SOSIAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn DI MTsN 8 DESA BUMI HARAPAN KECAMATAN BUMI MAKMUR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:SIRAJATUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

 

Sirajatul Huda, 2019, Implementasi Penguatan Sikap Sosial Dalam Rangka Pengembangan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran PPkn Di MTsN 8 Desa Bumi Harapan KecamatanBumiMakmurKabupatenTanahLaut.SkripsiProgramStudiPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Mariatul Kiptiah, (II) Dian Agus Ruchliyadi.

 

Kata Kunci :Karakter,pembelajaran PPKn, sikap sosial.

Mata pelajaran PPKn memiliki visi, misi, dan tujuan yang mengarah pada pembentukan warga negara yang baik dan bertanggung jawab sebagai wujud perilaku dalam kehidupan berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara Pancasila. PKn merupakansalahsatumatapelajaranyangwajibdiselenggarakandisetiapjenjangpendidikan, sebagaipedomandalampelaksanaanprosespembelajaran.MatapelajaranPPKnberhubungan erat dengan sikap sosial peserta didik, karena dalam pembelajaran PPKn diajarkan tentang nilai-nilaimoral.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik, mengetahui Implementasi penguatan sikap sosial peserta didik di sekolahmelalui pembelajaran PPKn.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif.Sumberdata dipilih secara “purposive sampling” Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahreduksidata,penyajiandata,danpenarikankesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasiwaktu.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:(1)pentingnyauntukmenanamkansikapdisiplin kepada peserta didik di lingkungan sekolah, dengan cara membiasakan peserta didik untuk datang ke sekolah tepat waktu dan disiplin di dalam kelas ketika mengikuti pembelajaran (2) pentingnya menanamkan sikap tanggung jawab kepada peserta didik di lingkungan sekolah dengan cara membiasakan peserta didik agar mampu bertanggung jawab ketika diberikan amanah (3) penguatan sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran PPKn dengan cara pemberian pemahaman dan praktek langsung kepada pesertadidik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat memberikan motivasi kepada peserta didik dalam penerapan sikap sosial dengan baik dan juga dapat memberikan pengajaran tentang sikap sosial kepada peserta didik melalui pembelajaran PPKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI