DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MEMBEDAKAN PERILAKU BAIK DAN BURUK MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL ROLE PLAYING DAN MODEL EXAMLPE NON EXAMPLE PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK KARTINI 3 BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:NORHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Norhatimah , 2019.  Upaya Mengembangkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Anak Dalam Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Menggunakan  Model Picture And Picture Dikombinasikan Dengan Model Role Playing Dan Model Examlpe Non Example Pada Anak Kelompok B1 Di Tk Kartini 3 Banjarmasin Barat”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing  Mohammad Dani Wahyudi,SPd.I,M.Pd.

 

Kata Kunci  : Membedakan Perilaku Baik dan Buruk, Model Picture And Picture, model  Role Playing,  Example Non Example.

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya aspek nilai agama dan moral anak dalam  membedakan perilaku baik dan buruk.  Dalam menyebutkan mana yang benar dan salah pada satu persoalan, menunjukkan perbuatan-perbuatan yang benar dan menyebutkan perbuatan baik dan buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivtas guru, anak, hasil perkembangan anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 4 siklus . indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai dengan kategori sangat baik, aktivitas anak mencapai skor dengan kategori sangat aktif sedangkan secara klasikal mencapai % dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang  (BSH).

Hasil penelitian pada setiap pertemuan mengalami pengingkatan. Aktivitas guru siklus 1 mendapat skor 23 dengan kriteria “Baik” dan pada siklus  4 mendapat skor 35 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil aktivitas siswa siklus 1 memperoleh skor 47% dengan kriteria “Kurang Aktif” dan meningkat pada siklus 4 secara klasikal 93% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Dan untuk hasil perkembangan nilai agama dan moral pada pertemuan 1 mendapat skor 40% dan meningkat pada pertemuan 4 mendapat skor 93% atau berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil  penelitian ini disarankan kepada guru menggunakan kombinasi model Picture and Picture, Role Playing dan Example Non Example  dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI