DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENGENAL PERILAKU BAIK DAN BURUK MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING DI KOMBINASI DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK A PAUD QATHRUN NADA BANJARMASIN
PENGARANG:DWI RAHMAWATI SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Saputri, Dwi Rahmawati. 2019. Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan   Moral Dalam Mengenal Perilaku Baik dan Buruk Menggunakan Model            Role Playing di Kombinasi Dengan Model Examples Non Examples, dan      Metode Pemberian Tugas Pada Kelompok A PAUD Qathrun Nada             Banjarmasin. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung         Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd

Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral,  Perilaku Baik dan Buruk, Role Playing, Examples Non Examples dan Pemberian Tugas.

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek nilai agama dan moral dalam mengenal perilaku baik dan buruk. Hal ini terjadi karena pembelajaran bersifat satu arah, kurangnya pengarahan pada anak dan kurangnya penerapan kedisiplinan pada anak.Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak dalam mengenal perilaku baik dan buruk dengan menggunakan Model Role Paying dikombinasikan dengan Model Examples Non Examples dan Metode Pemberian Tugas pada anak Kelompok A PAUD Qathrun Nada Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengenal perilaku baik dan buruk.

            Pendeketan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis, metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A PAUD Qathrun Nada Banjarmasin yang berjumlah 16 orang anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan dan lembar kerja anak dalam pengembangan nilai agama dan moral. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria Sangat Aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang ssuai harapan (BSH).

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru saat melaksanakan pengembangan nilai agama dan moral dalam mengenal perilaku baik dan buruk menggunakan Model Role Playing dikombinasi dengan  Model Examples Non Examples dan Metode Pemberian Tugas dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik, aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif dan hasil perkembangan aspek nilai agama dan moral disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan «««« atau berkembang sangat baik (BSB).

            Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan nilai agama dan moral dalam mengenal perilaku baik dan buruk menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan Model Role Playing dikombinasikan dengan Model Examples Non Examplesdan Metode Pemberian Tugas karena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI