DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DALAM MENULIS IKLAN MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DI KOMBINASIKAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS 5 SDN KUPANG REJO KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY MAULANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-21


ABSTRAK

Maulani, Muhammad Rizky. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia dalam Menulis Iklan Menggunakan Model Explicit Intruction, di Kombinasikan dengan Model Think Talk Write (TTW), dan Word Square pada Siswa Kelas 5 SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Menulis iklan, Kombinasi Model Explicit Instruction, Think Talk Write (TTW), dan Word Square

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang menguasai keterampilan menulis iklan, hal tersebut disebabkan karena kurangnya minat dan motivasi siswa pada pembelajaran menulis, siswa kurang memahami materi menulis iklan, siswa belum mampu merangkai dan mengembangkan kalimat iklan menggunakan bahasa mereka sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang benar dan kesesuaian tulisan dengan kaidah bahasa Indonesia serta siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran untuk memahami dan menyelesaikan tugas. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Think Talk Write (TTW), dan Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi menulis iklan di SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar pada siswa kelas 5 semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif yaitu aktivitas guru dan siswa, dan analisis data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan PTK ini yaitu aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, Aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif” serta siswa dapat mencapai hasil belajar ketuntasan belajar dengan nilai individu ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥81% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaranExplicit Instruction, Think Talk Write (TTW), dan Word Square : (1) aktivitas guru pada pertemuan pertama dikriteriakan baik dan pada pertemuan ketiga dikriteriakan sangan baik. (2) aktivitas siswa pada pertemuan pertama dikriteriakan cukup aktif, dan pada pertemuan ketiga dikriteriakan sangat aktif. (3) ketuntasan belajar secara klasikal pada pertemuan pertama 41,17% meningkat menjadi 88,23% pada pertemuan ketiga.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Think Talk Write (TTW), dan Word Square. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih strategi atau model pembelajaran pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis iklan di kelas 5.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI